Kebijakan Mutu - Turut membangun citra bangsa dengan menjamin penerapan, pengembangan dan kehandalan sistem manajemen mutu, Lingkungan dan Manajemen lainnya pelanggan secara Internasional dengan prinsip - prinsip imparsial, profesional dan independen

TATA CARA

 

PERSYARATAN DAN ATURAN SERTIFIKASI

SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001 : 2008 / SISTEM MANAJEMEN LINGKUNGAN ISO 14001 : 2004.

INDAH KARYA REGISTER CERTIFICATION SERVICES

I.          UMUM

 1.1   Proses sertifikasi sistem mutu yang dilakukan oleh IKRCS adalah  melakukan proses asesmen penerapan sistem manajemen mutu dan menetapkan keputusan sertifikasi kepada organisasi atau perusahaan yang telah mengajukan permohonan dan selanjutnya disebut Pemohon, berdasarkan ketentuan dalam persyaratan :

            a).  ISO/IEC 17021, Requirements for bodies  providing assessment or certification of  management systems.

b).    ISO 19011-2002, Guidelines for Quality and/or Environmental Management System Auditing

c).    ISO 9001-2008, Quality Management Systems, Requirement.

d).   ISO 14001-2004, Environmental Management Systems, Requirements.

e).   Peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

1.2    Organisasi/perusahaan Pemohon merupakan instansi pemerintah maupun swasta, yang memiliki kompetensi dan kepercayaan untuk menerapkan atau mengoperasikan proses bisnisnya berdasarkan sistem manajemen mutu standar ISO 9001:2008 / sistem manajemen lingkungan ISO 14001 : 2004 secara konsisten dan berkesinambungan.

1.3    Pemberian, perpanjangan, perluasan dan pengurangan ruang lingkup sertifikasi hanya diberikan kepada organisasi, instansi atau perusahaan yang :

a).   Memiliki status hukum

b).   Memenuhi ketentuan standar sistem manajemen mutu ISO 9001 : 2008 / sistem manajemen lingkungan ISO 14001 : 2004 dan persyaratan dan aturan sertifikasi IKRCS yang telah ditetapkan.

c).   Membayar biaya yang berkaitan dengan proses sertifikasi IKRCS.

1.4    IKRCS menetapkan persyaratan dan aturan sertifikasi yang harus dipenuhi oleh Pemohon/ Pelanggan. Jika diperlukan IKRCS dapat merubah, menambahkan dan meghapuskan bagian-bagian dari persyaratan dan aturan sertifikasi ini, IKRCS akan memberitahukan perubahan tersebut kepada Pemohon/Pelanggan dan memberi waktu yang memadai untuk melakukan penyesuaian seperlunya. Pelanggan berkewajiban untuk memberitahukan kepada IKRCS jika penyesuaian telah dilaksanakan seluruhnya.

 1.5   IKRCS menyampaikan penjelasan dan informasi tentang tata cara permohonan sertifikasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 / sistem manajemen lingkungan ISO 14001 : 2004. Permohonan sertifikasi berlaku untuk 2 (dua) tahun sejak tanggal permohonan dan tidak berlaku setelah masa berakhir jika sertifikasi belum dapat diberikan.

 1.6   Sertifikasi sistem mutu / lingkungan IKRCS berlaku 3 (tiga) tahun sejak tanggal diterbitkan dan dapat diperpanjang setiap 3 (tiga) tahun sesuai persyaratan dan aturan sertifikasi ini. Sertifikat Sistem Mutu / lingkungan IKRCS tidak dapat dialihkan kepada organisasi / perusahaan lain.

 1.7   IKRCS melaksanakan survailen terhadap Pelanggan sekurang-kurangnya 1 (satu) kali dalam setahun. Jika ditemui ketidaksesuaian dalam asesmen perdana atau survailen, maka IKRCS dapat melakukan asesmen ulang.

 1.8   Apabila masa sertifikasi akan berakhir dan Pelanggan ingin memperpanjang status sertifikasinya, maka Pelanggan harus mengajukan permohonan sertifikasi kembali selambat-lambatnya 2 (dua) bulan sebelumnya. IKRCS akan memberitahukan kepada Pelanggan tentang keperluannya untuk mengajukan permohonan sertifikasi kembali selambat-lambatnya 3 (tiga) bulan sebelum masa sertifikasi berakhir.

 1.9   Jika proses asesmen kembali belum dapat diselesaikan setelah 3 (tiga) bulan masa berakhirnya sertifikasi maka sertifikat untuk sementara akan dibekukan.

 1.10  Status pengurangan, penundaan, pembekuan, pencabutan sertifikasi diberlaku-kan dengan ketentuan sebagai berikut :

           a).   IKRCS dapat menunda, membekukan atau mencabut sertifikasi, mengurangi  ruang lingkup atau menilai kembali, jika terjadi : pelanggaran persyaratan dan aturan sertifikasi sistem mutu / lingkungan IKRCS.

b).   IKRCS dapat mencabut sertifikat jika Pelanggan dinyatakan bangkrut atau dilikuidasi.

c).   IKRCS menetapkan periode penundaan atau pembekuan dan selama periode tersebut IKRCS dapat membatalkan sertifikat, jika  Pelanggan tidak mampu memenuhi persyaratan dan aturan sertifikasi IKRCS.

d).   Sebelum IKRCS menunda, membekukan atau membatalkan sertifikat, maka IKRCS akan menyampaikan surat teguran dan alasan kepada Pelanggan yang bersangkutan.

e).   Selama masa periode sertifikasi, IKRCS dapat membekukan sertifikasi sebagian atau seluruh ruang lingkup sertifikasi jika dipandang Pelanggan tidak dapat memenuhi persyaratan dan aturan sertifikasi IKRCS.

1.11     Pelanggan yang dibekukan atau dicabut sertifikasinya dilarang menerbitkan dan menyebarluaskan segala bentuk publikasi yang berisi pernyataan sertifikasi IKRCS. Pelanggan harus mengembalikan dokumen sertifikat sistem mutu/lingkungannya.

 1.12    Semua informasi yang diperoleh IKRCS dalam proses pemberian, perpanjangan, perluasan dan pengurangan sertifikasi dijaga kerahasiaannya. Semua personel IKRCS dan institusi atau perorangan dari luar yang bertindak atas nama IKRCS harus mengetahui dan patuh terhadap persyaratan kerahasiaan. Informasi yang dimiliki Pelanggan berikut proses bisnisnya tidak boleh dipaparkan kepada pihak ketiga tanpa izin tertulis dari Pelanggan yang bersangkutan. Jika peraturan perundang-undangan yang berlaku mensyaratkan informasi dapat dipaparkan kepada pihak ketiga, maka pelanggan yang bersangkutan harus diberitahu tentang pemaparan informasi tersebut.