Kebijakan Mutu - Turut membangun citra bangsa dengan menjamin penerapan, pengembangan dan kehandalan sistem manajemen mutu, Lingkungan dan Manajemen lainnya pelanggan secara Internasional dengan prinsip - prinsip imparsial, profesional dan independen

TATA CARA

 

PERSYARATAN DAN ATURAN SERTIFIKASI

SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001 : 2008 / SISTEM MANAJEMEN LINGKUNGAN ISO 14001 : 2004.

INDAH KARYA REGISTER CERTIFICATION SERVICES

I.          UMUM

 1.1   Proses sertifikasi sistem mutu yang dilakukan oleh IKRCS adalah  melakukan proses asesmen penerapan sistem manajemen mutu dan menetapkan keputusan sertifikasi kepada organisasi atau perusahaan yang telah mengajukan permohonan dan selanjutnya disebut Pemohon, berdasarkan ketentuan dalam persyaratan :

            a).  ISO/IEC 17021, Requirements for bodies  providing assessment or certification of  management systems.

b).    ISO 19011-2002, Guidelines for Quality and/or Environmental Management System Auditing

c).    ISO 9001-2008, Quality Management Systems, Requirement.

d).   ISO 14001-2004, Environmental Management Systems, Requirements.

e).   Peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

1.2    Organisasi/perusahaan Pemohon merupakan instansi pemerintah maupun swasta, yang memiliki kompetensi dan kepercayaan untuk menerapkan atau mengoperasikan proses bisnisnya berdasarkan sistem manajemen mutu standar ISO 9001:2008 / sistem manajemen lingkungan ISO 14001 : 2004 secara konsisten dan berkesinambungan.

1.3    Pemberian, perpanjangan, perluasan dan pengurangan ruang lingkup sertifikasi hanya diberikan kepada organisasi, instansi atau perusahaan yang :

a).   Memiliki status hukum

b).   Memenuhi ketentuan standar sistem manajemen mutu ISO 9001 : 2008 / sistem manajemen lingkungan ISO 14001 : 2004 dan persyaratan dan aturan sertifikasi IKRCS yang telah ditetapkan.

c).   Membayar biaya yang berkaitan dengan proses sertifikasi IKRCS.

1.4    IKRCS menetapkan persyaratan dan aturan sertifikasi yang harus dipenuhi oleh Pemohon/ Pelanggan. Jika diperlukan IKRCS dapat merubah, menambahkan dan meghapuskan bagian-bagian dari persyaratan dan aturan sertifikasi ini, IKRCS akan memberitahukan perubahan tersebut kepada Pemohon/Pelanggan dan memberi waktu yang memadai untuk melakukan penyesuaian seperlunya. Pelanggan berkewajiban untuk memberitahukan kepada IKRCS jika penyesuaian telah dilaksanakan seluruhnya.

 1.5   IKRCS menyampaikan penjelasan dan informasi tentang tata cara permohonan sertifikasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 / sistem manajemen lingkungan ISO 14001 : 2004. Permohonan sertifikasi berlaku untuk 2 (dua) tahun sejak tanggal permohonan dan tidak berlaku setelah masa berakhir jika sertifikasi belum dapat diberikan.

 1.6   Sertifikasi sistem mutu / lingkungan IKRCS berlaku 3 (tiga) tahun sejak tanggal diterbitkan dan dapat diperpanjang setiap 3 (tiga) tahun sesuai persyaratan dan aturan sertifikasi ini. Sertifikat Sistem Mutu / lingkungan IKRCS tidak dapat dialihkan kepada organisasi / perusahaan lain.

 1.7   IKRCS melaksanakan survailen terhadap Pelanggan sekurang-kurangnya 1 (satu) kali dalam setahun. Jika ditemui ketidaksesuaian dalam asesmen perdana atau survailen, maka IKRCS dapat melakukan asesmen ulang.

 1.8   Apabila masa sertifikasi akan berakhir dan Pelanggan ingin memperpanjang status sertifikasinya, maka Pelanggan harus mengajukan permohonan sertifikasi kembali selambat-lambatnya 2 (dua) bulan sebelumnya. IKRCS akan memberitahukan kepada Pelanggan tentang keperluannya untuk mengajukan permohonan sertifikasi kembali selambat-lambatnya 3 (tiga) bulan sebelum masa sertifikasi berakhir.

 1.9   Jika proses asesmen kembali belum dapat diselesaikan setelah 3 (tiga) bulan masa berakhirnya sertifikasi maka sertifikat untuk sementara akan dibekukan.

 1.10  Status pengurangan, penundaan, pembekuan, pencabutan sertifikasi diberlaku-kan dengan ketentuan sebagai berikut :

           a).   IKRCS dapat menunda, membekukan atau mencabut sertifikasi, mengurangi  ruang lingkup atau menilai kembali, jika terjadi : pelanggaran persyaratan dan aturan sertifikasi sistem mutu / lingkungan IKRCS.

b).   IKRCS dapat mencabut sertifikat jika Pelanggan dinyatakan bangkrut atau dilikuidasi.

c).   IKRCS menetapkan periode penundaan atau pembekuan dan selama periode tersebut IKRCS dapat membatalkan sertifikat, jika  Pelanggan tidak mampu memenuhi persyaratan dan aturan sertifikasi IKRCS.

d).   Sebelum IKRCS menunda, membekukan atau membatalkan sertifikat, maka IKRCS akan menyampaikan surat teguran dan alasan kepada Pelanggan yang bersangkutan.

e).   Selama masa periode sertifikasi, IKRCS dapat membekukan sertifikasi sebagian atau seluruh ruang lingkup sertifikasi jika dipandang Pelanggan tidak dapat memenuhi persyaratan dan aturan sertifikasi IKRCS.

1.11     Pelanggan yang dibekukan atau dicabut sertifikasinya dilarang menerbitkan dan menyebarluaskan segala bentuk publikasi yang berisi pernyataan sertifikasi IKRCS. Pelanggan harus mengembalikan dokumen sertifikat sistem mutu/lingkungannya.

 1.12    Semua informasi yang diperoleh IKRCS dalam proses pemberian, perpanjangan, perluasan dan pengurangan sertifikasi dijaga kerahasiaannya. Semua personel IKRCS dan institusi atau perorangan dari luar yang bertindak atas nama IKRCS harus mengetahui dan patuh terhadap persyaratan kerahasiaan. Informasi yang dimiliki Pelanggan berikut proses bisnisnya tidak boleh dipaparkan kepada pihak ketiga tanpa izin tertulis dari Pelanggan yang bersangkutan. Jika peraturan perundang-undangan yang berlaku mensyaratkan informasi dapat dipaparkan kepada pihak ketiga, maka pelanggan yang bersangkutan harus diberitahu tentang pemaparan informasi tersebut.

 

II.        HAK DAN KEWAJIBAN  PELANGGAN

           HAK

          2.1  Pelanggan mempunyai hak untuk :

 

a).   Mendapatkan informasi setiap adanya perubahan persyaratan dan aturan sertifikasi.

b).   Mendapatkan penjelasan yang diperlukan bila ruang lingkup lingkup sertifikasi terkait dengan program yang spesifik dan informasi yang berkaitan dengan permohonan sertifikasi.

c).   Mendapatkan informasi nama anggota Tim Audit yang akan melaksanakan asesmen / survailen / asesmen ulang.

d).   Menggunakan logo sertifikasi IKRCS sesuai dengan pedoman penggunaan  logo IKRCS.

e).   Mengajukan permohonan penambahan atau pengurangan ruang lingkup sertifikasi.

f).   Mengajukan naik banding, keluhan dan penyelesaian perselisihan.

       

 

      KEWAJIBAN

      2.2.  Sertifikasi IKRCS tidak membebaskan atau mengurangi tanggung jawab kepada  Pelanggan dalam melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

      2.3    Pemohon/Pelanggan harus :

   a).  Menandatangani kontrak jasa sertifikasi antara IKRCS.

   b).  Selalu memenuhi persyaratan ISO 9001:2008/ISO 14001:2004,    mengimplementasikan secara konsisten dan mematuhi persyaratan dan aturan sertifikasi IKRCS.

  c).  Memiliki dokumen yang dijamin bahwa informasi yang diberikan kepada     IKRCS dijamin selalu mutakhir.

  d).  Membayar biaya-biaya permohonan asesmen, survailen dan biaya2 sertifikasi lainnya yang ditetapkan IKRCS.

  e).  Memelihara kredibilitas dan integritas komersial dalam semua kegiatan bisnis sesuai persyaratan standar ISO 9001:2008/ISO 14001:2004 dan persyaratan dan aturan sertifikasi IKRCS.

  f).  Menangani pengaduan dan keluhan yang terkait dengan sertifikasi yang tercakup dalam ruang lingkup sertifikasi.

 g).  Tidak menggunakan sertifikat sedemikian rupa sehingga merugikan nama Organisasi, IKRCS dan KAN, dan tidak membuat pernyataan yang dapat  menyesatkan.

 

       2.4    IKRCS secara lembaga dan individu personilnya harus bebas dari tekanan komersial, keuangan dan tekanan lain atau godaan dari pihak luar IKRCS yang dapat mempengaruhi keputusan sertifikasi.

    2.5  IKRCS tidak boleh terlibat dalam setiap kegiatan yang dapat meragukan kejujuran dan kepercayaan dalam kebebasannya untuk mengambil keputusan yang berkaitan dengan proses sertifikasi.

     2.6    Pelanggan harus memberikan bantuan dan kerjasama yang diperlukan oleh  IKRCS agar dapat memantau pemenuhan kesesuaian penerapan sistem mutu terhadap standar ISO 9001:2008/ISO 14001:2004 dan persyaratan sertifikasi, yang mencakup :

a).    Memberikan ijin kepada IKRCS dan auditornya untuk melakukan asesmen, survailen, verifikasi, penyaksian (“witness”) dan kegiatan lainnya yang terkait dengan proses sertifikasi.

b).    Memberikan bantuan kepada IKRCS dalam melakukan penyelidikan dan pemecahan terhadap setiap keluhan yang disampaikan oleh pihak ketiga tentang kegiatan Pelanggan yang terkait dalam ruang lingkup sertifikasi.

   2.7    IKRCS bertanggung jawab sepenuhnya terhadap setiap penerbitan sertifikat  sistem mutu / lingkungan ISO 9001:2008/ISO 14001:2004 IKRCS.

2.8     Jika diminta oleh IKRCS maupun auditornya, Pelanggan harus siap menyediakan rekaman semua keluhan, permohonan naik banding dan perselisihan serta tindakan perbaikan yang telah dilakukan Pelanggan.

 

 

 

III.       PENGGUNAAN LOGO IKRCS

 

3.1       Logo tidak boleh digunakan untuk laporan uji laboratorium, kalibrasi, atau inspeksi dan produk atau kemasan produk, atau disalahgunakan, sehingga dapat ditafsirkan sebagai penunjukkan kesesuaian produk.

 

3.2        Penggunaan Logo IKRCS akan selalu dipantau keefektifannya dalam setiap survailen, yaitu memantau penggunaan logo IKRCS pada iklan, katalog atau sejenisnya serta masukan informasi terhadap penyalahgunaan logo IKRCS.

 3.3       Jika terbukti terjadi pelanggaran penggunaan logo, maka IKRCS akan memberikan teguran dan menginstruksikan untuk melakukan tindakan perbaikan. Jika dalam waktu 2 (dua) bulan tidak dapat menyelesaikan tindakan perbaikan atau melakukan kesengajaan, maka IKRCS akan membekukan atau mencabut sertifikat. Jika pelanggaran bersifat pidana, kepada yang bersangkutan akan dikenakan sanksi hukum.

 

IV.       SERTIFIKAT

          Sertifikat sistem mutu/lingkungan ISO 9001:2000 / ISO 14001:2004 IKRCS :

a).    Berlaku untuk 3 (tiga) tahun

b).    Dapat dicabut bila disimpulkan bahwa Pelanggan gagal memenuhi persyaratan dan aturan sertifikasi IKRCS.

c).    Dapat dikembalikan berdasarkan atas pemberitahuan tertulis sebulan sebelumnya.

d).    Harus dikembalikan kepada IKRCS jika terjadi pencabutan atau berakhirnya masa sertifikasi.

 

V.         KELUHAN, PERSELISIHAN DAN BANDING

 IKRCS memperhatikan, mencatat, menindaklanjuti dan menyelesaikan semua keluhan dan perselisihan yang disampaikan secara tertulis atas penerapan sistem mutu oleh Pelanggan. Pelanggan dapat mengajukan banding secara tertulis atas keputusan yang ditetapkan IKRCS selambat-lambatnya 1 (satu) bulan sejak keputusan ditetapkan. Setelah menerima permohonan banding secara tertulis, IKRCS membentuk komite banding untuk membantu menyelesaikan masalah yang timbul atas keluhan perselisihan dan banding.

 

VI.        PEMBERITAHUAN ATAS PERUBAHAN

 6.1       Pelanggan akan diberitahu bila ada perubahan atas persyaratan dan aturan sertifikasi dan diberi waktu yang cukup untuk melakukan penyesuaian dokumen yang dimiliki Pelanggan.

6.2        Pelanggan harus memberitahu IKRCS bila semua penyelesaian perbaikan yang diperlukan untuk memenuhi perubahan persyaratan dan aturan sertifikasi tersebut di atas.

6.3        Organisasi/Perusahaan Pelanggan harus segera memberitahukan kepada IKRCS tentang rencana perubahan yang berkaitan dengan persyaratan yang harus dipenuhi dan ruang lingkup sertifikasi.

Perubahan yang berarti  meliputi :

a).    Tiap perubahan organisasi atau manajemen.

b).    Perubahan alamat, kepemilikan, status hukum dan status komersial.

c).    Perubahan kebijakan dan prosedur

d).    Perubahan pengecualian dari standar.

 

VII.       PENGGANTIAN KERUGIAN

 Pelanggan bertanggung jawab atas permintaan ganti rugi oleh pihak ketiga yang ditujukan kepada IKRCS sebagai akibat langsung maupun tidak langsung pemberian sertifikasi dan penggunaan logo berdasarkan persyaratan dan aturan sertifikasi ini. IKRCS bertanggung jawab atas permintaan ganti rugi oleh pihak ketiga jika terbukti kesalahan dilakukan oleh IKRCS.

Pengaturan mengenai penggantian kerugian ini disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

VIII.      DUKUNGAN SUMBER DAYA

 IKRCS memiliki kemampuan sumber daya yang didukung oleh induk perusahaan PT. Indah Karya (Persero), memiliki kemampuan keuangan yang stabil didapatkan dari hasil pemungutan biaya sertifikasi dan hasil kegiatan lainnya yang tidak bertentangan dengan proses sertifikasi. IKRCS menetapkan biaya-biaya sertifikasi sesuai ruang lingkup dan luas area asesmen.

 

IX.        PERATURAN DAN PERUNDANG-UNDANGAN

 Persyaratan dan aturan sertifikasi ini disusun dan ditetapkan berdasarkan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia.

 

X.          ALAMAT  IKRCS

 Alamat untuk melakukan akses secara mudah kepada IKRCS :

Alamat               :  Jl. Jagakarsa (Simpang Kecapi) Kav. 1, Jakarta Selatan.

Kode pos            :  12630.

No. telepon         :  (021) 78892420, 78892421, 78892428.

No. facsimili        :  (021) 78892422.

E-mail                 :  ikrcs@indahkarya.co.id & Info@ikrcs.or.id

Web site             :  www.ikrcs.or.id

 

 

 

 

 

 

INFO LENGKAP DOWNLOAD DISINI
   
 
2013/11/14
Ketua KAN : Asesor, Elemen Penting dalam Peningkatan Daya Saing
--------------------------------------
2013/12/9
70 Persen Daerah Tak Punya Aturan Gedung Tahan Gempa
--------------------------------------
2013/08/15
Hadapi AEC, Indonesia Harus Perkuat SNI
--------------------------------------
21/01/2013
Pelatihan Asessor Laboratorium berdasarkan SNI ISO/IEC 17025-2008 Kerjasama Kementerian PU dan Komite Akreditasi Nasional (KAN)
--------------------------------------
14/01/2013
KAN MELUNCURKAN SKEMA AKREDITASI PENYELENGGARA UJI PROFISIENSI BERDASARKAN SNI-ISO/IEC 17043-2010
--------------------------------------
14/02/2013
Bappeda Kabupaten Gunungkidul dan Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi Dan Energi Sumberdaya Energi (Dinas Perindagkop dan ESDM) Kabupaten Gunung Kidul bekerjasama dengan Badan Standardisasi Nasional di bidang standardisasi.
--------------------------------------
4 -7/02/2013
Indonesia Tuan Rumah Third Workshop of APLAC-PTB Enhanced Training For Proficiency Testing (PT) Experts
--------------------------------------
08/02/2013
PENGEMBANGAN SKEMA AKREDITASI PENYELENGGARA UJI PROFISIENSI BERDASARKAN ISO/IEC 17043:2010
--------------------------------------
 
By Morosakato.com